Rossi dan Ducati


MADONNA DI CAMPIGLIO, (PRLM).- Warna kuning fluorescent memang telah menjadi trademark bagi Juara Dunia tujuh MotoGP Valentino Rossi. Warna tersebut seolah sudah menjadi ciri khas atau warna identitas bagi pembalap Italia berusia 31 tahun itu.

Bertepatan dengan hari ketiga event Wrooom Press Ski Meeting yang berlangsung Madonna di Campiglio, Trento, Italia pada Rabu, (12/1) waktu setempat, motor Ducati Desmosedici GP11-nya Valentino Rossi dirancang tampil beda dari rekan setimnya Nicky Hayden.

Seperti dilaporkan oleh situs resmi MotoGP, untuk ‘fairing’ motor Ducati Desmosedici GP11-nya Rossi dirancang khusus oleh desainer otomotif terkemuka asal Italia Aldo Drudi, yan biasa merancang desain grafis untuk helm AGV-nya Valentino Rossi.

Ciri khas kuning fluorescent menghiasi bagian jok hingga buritan motor, juga terpasang gambar kartun sepasang dog kesayangan Rossi dari jenis bulldog, Cesare dan Cecilia. Lalu pada bagian pinggiran ‘windshield’ motor tertera stiker bertuliskan “The Doctor”.

Akhirnya tim pabrikan Ducati meluncurkan desain resmi tunggangan Valentino Rossi dan Nicky Hayden untuk MotoGP 2011 di sebuah resor ski, Campiglio, Madonna, Italia, kemarin. Ducati Desmosedici GP 2011 tampil dengan warna khas merah “darah” meski ada sedikit perbedaan detail antara kedua pembalap.

Rossi tetap mempertahankan warna kuning di beberapa bagian bagian bodi (dudukan) dan nomor 46 yang menjadi ciri khasnya. Warna kuning juga melekat kental pada desain helm dan baju balap juara dunia sembilan kali itu. Dengan mempertahankan warna kuning, dipastikan fans fanatik Rossi yang dikenal dengan sebutan “Suku Kuning” (Yellow Tribe) akan bertahan mendukung sang idola.

Adapun Heyden tetap mempertahankan dominasi merah, putih dan, sentuhan hitam di beberpa bagian bodi. Pembalap asal Kentucky, Amerika Serikat, itu juga tetap menggunakan nomor 69 pada tunggangannya.

“Perubahan besar dilakukan terhadap  mesin. Kami menciptakan evolusi baru untuk mendapatkan grafik torsi yang lebih pas. Tecipta tambahan interval antara torsi maksimum dan tenaga, napas mesin lebih panjang dari sebelumnya,” ujar Filippo Preziosi, insinyur  Ducati.

Yah, kita tunggu saja kehebatan  “The Doctor” bersama Ducati,  yang mulai bergulir Maret 2011 di di Losail, Qatar, untuk mesin ini.

Perihal mardiyan
Mahasiswa JPTK Pendidikan Teknik Mesin UNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: