Thailand Untuk Pertama Kalinya Tidak Pernah Menang Dalam Fase Penyisihan Piala AFF


Thailand tersingkir dari ajang Piala AFF setelah dikalahkan tuan rumah Indonesia 2-1 dalam laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa [7/12] malam WIB.

Bagi Thailand, hasil akhir ini menjadi yang terburuk dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala AFF. Selain itu, Thailand untuk kali pertama tidak mampu memetik kemenangan dalam laga penyisihan grup.

Pada laga lainnya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Malaysia memetik kemenangan 5-1 atas Laos. Dengan demikian, Malaysia mendampingi Indonesia ke semi-final sebagai runner-up Grup A.Pelatih timnas senior Alfred melakukan sedikit perombakan. Hamka Hamzah yang selalu diandalkan di barisan pertahanan diganti M Roby. Di sektor tengah, Eka Ramdani menggantikan posisi Firman Utina. Dan Tony Sucipto menempati posisi Ahmad Bustomi.

Indonesia dan Thailand memperagakan permainan terbuka di laga ini. Sejak pluit kick-off ditiupkan wasit Sato Ryuji, timnas senior langsung menggebrak pertahanan Thailand untuk mencari gol cepat. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat Indonesia tak mampu menciptakan gol.Selepas laga berjalan sepuluh menit, Thailand bangkit dan mulai melakukan tekanan hebat ke pertahanan Indonesia. Sejumlah peluang berhasil didapat, tapi tidak membuahkan gol.
Kendati menguasai permainan hampir separuh babak pertama, Thailand tidak berhasil menjebol gawang tim Merah Putih. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan.

Di babak kedua, Thailand yang tak mempunyai pilihan lain kecuali memetik kemenangan, mengingat Malaysia unggul 2-1 atas Laos di Palembang pada saat bersamaan, langsung melakukan tekanan ke pertahanan ke tuan rumah.
Thailand nyaris unggul pada menit ke-50. Berawal dari penetrasi di sektor kiri pertahanan Indonesia, umpan silang dilepas ke kotak pertahanan Indonesia. Markus Haris Maulana yang keluar berusaha menghalau bola menemui kegagalan. Pemain Thailand melepaskan tendangan, beruntung Maman Abdurahman yang berada di bawah mistar berhasil menghalau bola.

Lima menit berselang, Thailand kembali mendapatkan peluang dengan memanfaatkan lemahnya sektor kiri Indonesia. Umpan silang disambut Kirati Keawsombut, namun tendangannya masih bisa dihalau Markus.

Pada menit ke-62, Thailand sempat menjebol gawang Markus setelah terjadi kemelut di depan gawang. Namun gol ini dianulir wasit, karena Kirait terlebih dahulu berada dalam posisi off-side.

Setelah melakukan tekanan Upaya Thailand untuk menjebol Indonesia membuahkan hasil di menit ke-69. Berawal umpan panjang dari sisi kanan pertahanan timnas senior, bola disambut Kirait dengan dada, dan memantul ke arah Suree Sukha yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan berarti tendangan Suree membobol gawang Markus.Gol itu melecut pemain Indonesia. Berawal dari serangan balik cepat, Eka Ramdani melepaskan umpan ke jantung pertahanan yang disontek Cristian ‘El Loco’ Gonzales. Namun sontekan El Loco membentur mistar gawang.

El Loco yang berusaha mengambil bola dijatuhkan Panupong Wongsa pada menit ke-80. Wasit kemudian menunjuk titik putih, dan Indonesia mendapat hadiah penalti. Striker veteran Bambang ‘Bepe’ Pamungkas dengan tenang mengeksekusi bola untuk menjebol gawang Sinthaweechai ‘Kosin’ Hathairattanakool.

Indonesia memperbesar keunggulan dua menit sebelum laga usai. Pelanggaran handsball yang dilakukan Panupong membuat wasit kembali menunjuk titik putih. Wasit juga memberikan kartu merah kepada Panupong. Bepe sukses menaklukkan Kosin untuk kedua kalinya. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Iklan

Perihal mardiyan
Mahasiswa JPTK Pendidikan Teknik Mesin UNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: